nusakini.com - Alvaro Morata terus menjadi penyelamat bagi Real Madrid sepanjang musim ini, efektivitasnya dalam mencetak gol di ajang La Liga Spanyol musim ini bahkan hanya kalah dari bintang Barcelona Lionel Messi.

Bukti terkini dari ketajaman Morata adalah saat masuk sebagai pemain pengganti dan berhasil mencetak gol kemenangan Real Madrid yang mampu unggul 3-2 atas Villarreal meski sempat tertinggal dua gol lebih dulu, akhir pekan lalu.

Secara statistik, Morata tercatat sebagai pemain paling efektif dalam urusan mencetak gol setelah Messi di ajang La Liga. Penyerang berusia 24 tahun itu kini berhasil mencetak tujuh gol dalam delapan penampilan terakhirnya di ajang liga.

Sementara Messi yang mencatatkan statistik lebih baik, berhasil mencetak delapan gol dalam delapan laga terakhir di ajang La Liga.

Dikutip dari Marca, bintang asal Argentina itu memiliki rata-rata gol per menit bermain terbaik di La Liga dibanding pemain lain yang telah mencatatkan lebih dari 15 laga.

Messi yang telah mencetak 20 gol dalam 21 laga rata-rata mampu mencetak satu gol setiap 86 menit, sementara Morata yang mencetak delapan gol dalam 16 penampilannya, berada di urutan kedua dengan rata-rata satu gol setiap 92 menit.

Bintang Barcelona lainnya Luis Suarez rata-rata berhasil mencetak satu gol setiap 99 menit. Sementara itu rekan Morata di Real Madrid, Cristiano Ronaldo rata-rata mampu mencetak satu gol setiap 104 menit.

Sedangkan Karim Benzema yang kerap menjadi penyerang di tim inti Real Madrid memiliki catatan yang cukup buruk. Pemain asal Prancis itu baru mencetak lima gol dalam 18 penampilannya, rata-rata ia hanya mampu mencetak satu gol setiap 241 menit di ajang La Liga.

Morata juga telah berhasil menyamai perolehan golnya saat masih membela Juventus sepanjang musim lalu dengan menit bermain yang jauh lebih sedikit. Penyerang asal Spanyol itu telah berhasil mencetak 12 gol di semua kompetisi hanya dalam 1.200 menit, musim lalu ia butuh 2.300 menit untuk mencatatkan jumlah gol yang sama. (fft/om)